Kelebihan dan Kekurangan Membuat Budget dalam Rumah Tangga - Aziz Arve

Breaking

Sunday, April 2, 2017

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Budget dalam Rumah Tangga

budget rumah tangga
Bagi orang yang sudah memiliki keluarga, pastinya memiliki rencana.

Banyak rencana sudah dipikirkan dari sebelum berkeluarga, sampai menikah, punya tempat tinggal, kendaraan, punya anak, dan lain sebagainya yah.

Setiap orang juga menginginkan rencana yang sudah direncanakan berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

Tapi kata kata berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan itu menurut gua sih jarang ada yah. Pasti segala sesuatu ada sedikit hambatan.

Salah satunya untuk mengurangi hambatan tersebut dengan membuat budget kawan.

Cita - cita yang tinggi untuk memiliki segalanya juga diimpikan setiap keluarga. Ingin punya materi yang cukup, keluarga yang senang, bisa berpergian setiap bulan, pokoknya sesuailah dengan impiannya.

Tetapi jika kita liat zaman sekarang, banyak kawan kawan kita sudah terbiasa dengan hidup nongkrong dan belanja diluar kebutuhan.

Untuk yang single, gua harap sih udah punya planning nih untuk memulai berkeluarga.

Naah, untuk yang sudah berkeluarga. Gua akan coba bantu memberikan sedikit solusi dengan membuat budget dalam berumah tangga.

Tetapi yang kita bahas disini pertama-tama adalah kelebihan dan kekurangan membuat budget dalam berumah tangga. Nanti selanjutnya akan kita kupas cara membuatnya.

Bila tertarik untuk membuat budget, gua akan sharing lagi nih gimana cara membuat budget dalam berumah tangga. Dari sebelum berumah tangga sampai sudah berumah tangga.

Yang kita bahas pertama kelebihannya terlebih dahulu nih kawan.

Dimana mana kelebihan itu selalu baik yah. Tapi kalo berlebihan juga tidak baik.

Kelebihannya membuat budget dalam berumah tangga :

1. Kita bisa mengetahui berapa kebutuhan biaya pokok yang kita keluarkan sehari hari.

Dengan kita mengetahui kebutuhan biaya rumah tangga kita, itu sangat membantu untuk mengetahui segala aspek pengeluaran yang terjadi setiap hari, setiap bulan, bahkan setiap tahunnya. Terutama kebutuhan pokoknya. Karena akan terkait dengan budget pendapatan atau penghasilan kita. Semua akan saling terkait.

2. Kita bisa mengukur kebutuhan biaya rumah tangga kita.

Apa - apa saja yang menurut kita prioritas utama. Tanggal berapa kita harus bayar listrik, kenapa listrik bulan ini dengan bulan depan berbeda, apakah ada aspek - aspek lain yang membuat biaya listrik kita meningkat. Mungkin karena mertua lagi nginep, jadi AC 3 kamar nyala semua deh.

Dan berbagai macam aspek lainnya. Bisa kita ukur secara baik bila kita membuat budget tersebut.

3. Kita bisa menabung setiap bulannya.

Kenapa gua ngomong bisa menabung? Karena tercatat semua dalam budget tersebut.

Berapapun pendapatannya dan berapapun pengeluarannya, bila kita membuat budget dalam berumah tangga itu semua terlihat dalam catatan tersebut.

Dan lebihnya pastinya bisa kita tabung. Bahkan bisa jalan - jalan juga sama keluarga. Dan bila mau jalan - jalan, jangan lupa bikin budgetnya juga yah. Agar tidak kelebihan biaya jalan - jalannya.

Ada 3 kelebihannya kawan. Memang tidak banyak, tapi gua yakin bermanfaat.

Lanjut kita bahas kekurangannya nih....

Sebenernya kekurangannya hanya satu, yaitu kita harus buang sedikit waktu kita untuk mencatat dan berfikir dalam membuatnya.

Tapi sekarang udah ada beberapa aplikasi yang mendukung untuk membuat budget.

Disitu juga banyak pilihan itemnya. Dan bisa kita lihat mana yang over budget atau kebanyakan mengeluarkan uang untuk kegiatan apa.

Dari kelebihan dan kekurangan pada artikel ini, semoga bisa bermanfaat.

Tapi harus kita ketahui, semua tergantung pada bagaimana mengambil keputusannya dalam berumah tangga. Karena berumah tangga itu menyatukan dua jenis pemikiran yang berbeda.

Laki - Laki berpikir dengan logika, sedangkan perempuan dengan hati. Dan selain itu, berkeluarga juga menyatukan dua kubu dan karakter keluarga yang berbeda. Jadi untuk itu, harus sama - sama dalam membuat budget bila ingin membuatnya.

Bisa lanjut Baca lagi pada artikel selanjutnya untuk cara membuat budget dalam berumah tangga atau berkeluarga. Bila memang tertarik, silahkan.

No comments:

Post a Comment